Sabtu, 03 Maret 2012

Membuat file atau folder Super Hidden


Dulu ingin banget bisa bikin folder atau file menjadi nggak keliatan di Windows explorer. Bisanya sih cuman di klik kanan>>properties>>hidden , tapi sayangnya kalo show hidden folder di atktifin maka folder atau file yang kita hidden tadi otomatis keliatan di windows explorer. Nah kemaren aku liat di komputer teman , foldernya nggak keliatan meski udah pake opsi show hidden file dan semua yang hidden hidden di aktfin tetap nggak mau keliatan.Nah dari kasus diatas mulai muncul di benak ku????? bagai mana ya caranya???? AKu udah tanya sama teman aku tentang rumusnya , yah... masih belum ada tanda lampu hijau , hanya senyuman aja. Hmmmm kan ada internet... apa sih yang nggak ada di internet ??? semua informasi ada di internet tumpah ruah. Mulailah dengan googling. Dapat deh , malam ini baru aja dapat ilmunya. Ternyata hanya mainin Comman Line aja di DOS, tepatnya sih perintah internalnya DOS.Begini Nih step By StepNya
Tapi pertama kita harus tau perintah Attrib Dulu yang aku dapatkan darihttp://www.microsoft.com/resources/documentation/windows/xp/all/proddocs/en-us/attrib.mspx?mfr=true 

Attrib

Displays, sets, or removes the read-only, archive, system, and hidden attributes assigned to files or directories. Used without parameters, attrib displays attributes of all files in the current directory.

Syntax

attrib [{+r|-r}] [{+a|-a}] [{+s|-s}] [{+h|-h}] [[Drive:][PathFileName] [/s[/d]]

Parameters

+r Sets the read-only file attribute.
-r Clears the read-only file attribute.
+a Sets the archive file attribute.
-a Clears the archive file attribute.
+s Sets the system file attribute.
-s Clears the system file attribute.
+h Sets the hidden file attribute.
-h Clears the hidden file attribute.
[Drive:][PathFileName Specifies the location and name of the directory, file, or set of files for which you want to display or change attributes. You can use wildcard characters (that is, ? and *) in theFileName parameter to display or change the attributes for a group of files.
/s Applies attrib and any command-line options to matching files in the current directory and all of its subdirectories.
/d Applies attrib and any command-line options to directories.
/? Displays help at the command prompt.
Nah kalo liat teorinya aja tanpa praktek pasti rada bingung... kalo gitu ambil kasus flash Disku aja.
A .Men Super HiddenKan FIles.
1.Pertama dalam flash disku ada dua folder dan dua file ber extensi txt.
2.Kita coba Super Hidden kan file MP.txt dengan cara >>run>>cmd .Setelah kita masuk dalam DOS, kita pindah direktori di mana file MP.txt terletak yaitu di L:\ . Kemudian kita ketiikan perintah  >>  attrib +s +h MP.txt     Perintah ini di gunakan untuk memberikan atribut +s(System file ) dan  +h( Hidden file ) sehinngga akan menyebabkan file MP.txt beratributkan system file dan hidden file. Sehingga jika kita aktifkan folder option>> dan show hidden files dan opsi2 yang lain, file MP.txt tidak akan terlihat sama sekali.

3. Untuk Men Super Hiddenkan  File MP2.txt caranya sama seperti langkah nomer 2 tadi.
4. Bagai mana untuk mengembalikan file MP.txt seperti asalnya ??? gampang... ketikkan aja perintah ini  >>      attrib -s - h MP.txt  dan untuk MP2.txt sama perintahnya.
5. Bagai mana jika kita ingin mengembalikan atribut file yang kita SH(super hidden) ?? gampang dengan mengetikkan >> attrib -s -h . Maka semua file pada direktori aktif akan kembali seperti semula tanpa atribut dan h . Dan untuk mengeset semua file (kecuali folder ) yang berada pada di rektori aktif gunakan perintah >> attrib +s +h .. gampang kan!!
Nah hasilnya akan terlihat seperti gambah diatas. File MP.txt dan MP2.txt tidak terlihat meskipun folder optionya udah di >> show hidden file dan bla bla bla.
B. Men Super HiddenKan Folders.
Untuk folder perintahnya hampir sama dengan men super hiddenkan file seperti diatas, cuman kita tambahin sedikit parameter.
1. Kita akan men Super HiddenKan Folder contoh 1 dan subfolder dalam folder contoh 1 dengan mengetikkan perintah >> attrib +s +h /s /d contoh1
2. Untuk men super hiddenkan folder contoh2 perintahnya sama dengan cara diatas.
3. Untuk mengembalikan attribut folder seperti keadaan semula ketikkan perintah >> attrib -s -h /s /d contoh1 .
4. Untuk membuat semua folder dan files dalam direktori aktif menjadi super hidden ketikkan perintah >> attrib +s +h /s /d    perintah ini akan membuat semua folder dan files dalam direktori aktif menjadi super hidden.
Nah ini lah hasil dari perintah tadi. Semua file dan folder serta subfolder didalamnya menjadi super hidden.
Oya hampir lupa, tentang gimana cara melihat direktori yang terdapat super hidden filenya. Caranya gampang ketikan saja perintah >> attrib /s /d 
Nah selesai deh informasi dan penjelasanku. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.